Rupiah Melemah 14.900/Dollar, Kembali ke 1998? - Bukan Hanya Sekedar Kata

Selamat datang di Bukan hanya sekedar kata, Surganya pecinta pembaca mulai dari cerita tentang kehidupa, cerita tentang percintaan, kata motivasi dan berita viral serta tips and trick mengenai blogger - Semoga bisa bermanfaat untuk kalian.

Breaking

Thursday 6 September 2018

Rupiah Melemah 14.900/Dollar, Kembali ke 1998?

Alhamdulillah Rupiah Melemah RP 14.900/1Dollar



Mulai hari ini tanggal 4 september 2018, Nilai tukar rupiah terhadap dollar mencapai 14.900 per 1 dollar. Kalian mungkin bertanya - tanya kenapa alhamdulillah? Nah kita sekarang akan membahas tentang ini.

Pelemahan rupiah sekarang adalah pelemahan rupiah hampir 15.000 per satu dolar dan hampir sama dengan krisis ekonomi tahun 1998. Namun yang harus di ketahui ini bukan lah di sebabkan oleh dari dalam negeri namun memang di rasakan oleh global. Indonesia masih beruntung dan kuat bisa melemah di bawah 2%, namun negara - negara lain seperti Argentina melemah hingga 20%

Maka saya katakan alhamdulillah karena rupiah melemah ke angka 14.900/Dollar, Kalau pemerintah kita tidak benar dalam menanggapi hal ini bisa jadi rupiah kita bisa melemah lebih dari ini seperti negara - negara lainnya, Bahkan singapura dan malaysia lebih melemah di bandingkan kita.

Ada faktor yang membuat rupiah melemah, Salah satunya adalah perang dagang antara AS-Cina. Karena ini lah negara - negara lain dan termasuk indonesia pun kena dampak yaitu pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Jangan cepat - cepat menyalahkan pemerintah saja, Ya memang pemerintah bertanggung jawab akan hal ini, Namun saya yakin pemerintah sudah semaksimal mungkin menahan dampak dari perang dagang AS-Cinta. Mungkin kita bisa lebih dari ini pelemahannya jika pemerintah tidak baik dalam menangani masalah ini.

Berikut adalah negara negara yang terkena dampak melebihi indonesia :

'Worst performing currencies againt USD over past year

  1. Venezuela -2.500.00%
  2. Turkey -97%
  3. Brazil -30%
  4. Iran -30%
  5. ethiopioa -18%
sumber :SpectatorIndex'

Dan masih banyak negara lainnya, Singapura dan Malaysia pun melebihi indonesia pelemahan mata uangnya.

Itulah sebabnya artikel ini memakai kata alhamdulillah dalam melemahnya rupiah, Karena negara kita lebih ringan terkena dampaknya di bandingkan negara lain, Pemerintah bisa menahan gejolak ekonomi yang di sebabkan masalah eksternal. Sebaiknya kita tidak menyalahkan pemerintah saja namun kita juga harus bertindak.
Dan kita bisa melakukan hal - hal sebagai berikut untuk menguatkan kembali rupiah :


  1. Beli produk lokal 
  2. Menunda beli handphone dan barang elektronik
  3. Tukar dollar ke rupiah
  4. Tidak berpergian keluar negeri 
Jadi jangan langsung menyahkan suatu pihak, Kita sebagai rakyat turut membantu pemerintah dalam menguatkan kembali rupiah, Karena kita yakin pemerintah telah bekerja semaksimal mungkin untuk menahan kuat nya arus ekonomi dunia sehingga hanya melemah sampai seperti ini tidak melebihi pelemahan negara lain. 

BE SMART PEOPLE AND PEACE!!

No comments:

Post a Comment