Kebebasan Berpendapat #2018 - Bukan Hanya Sekedar Kata

Selamat datang di Bukan hanya sekedar kata, Surganya pecinta pembaca mulai dari cerita tentang kehidupa, cerita tentang percintaan, kata motivasi dan berita viral serta tips and trick mengenai blogger - Semoga bisa bermanfaat untuk kalian.

Breaking

Wednesday 9 May 2018

Kebebasan Berpendapat #2018

Freedom Of Expression

Aksi Mahasiswa Menuangkan Aspirasi

Kali ini kita akan membahas yang sedikit berbeda dari biasanya, Biasanya membahas tentang kehidupan, Cinta lalu Agama dan tips blogging. Kini ada label pembahasan baru yaitu tentang politik.

Dimulai dari hal yang sering terjadi di jaman sekarang yaitu kebebasan berpendapat yang sering di lakukan masyarakat. Dan kebebasan berpendapat di jaman sekarang juga di fasilitasi dengan banyaknya media sosial sebagai tempat paling nyaman untuk menuangkan aspirasi kita..

Oke langsung saja kita bahas..

  • Kebebasan Berpendapat


Bahagialah kalian bisa hidup di negeri kita, Negeri indonesia. Negeri yang sangat mengedepankan kebebasan berpendapat kalian mau berpendapat apapun bebas di negeri ini (Setelah reformasi). Kalian bebas menuangkan segala apa yang mau kalian bicarakan kemana saja, Mau itu di depan umum, Di depan menteri, Bahkan di depan presiden pun kalian bebas berpendapat. 

Bangga terhadap negeri yang menghargai setiap pendapat rakyatnya, Kita patut berbangga kita bisa demo kapan saja dimana saja untuk memajukan dan menkritik pemerintahan negara. Kita sebagai warga negara indonesia harus bijak dalam menggunakan hak yang sudah di berikan pemerintah dalam kebebasan kita untuk berpendapat, Jangan di salah gunakan untuk hal lainnya. 

Apalagi dengan kemajuan teknologi yang ada, Kebebasan berpendapat semakin gampang dan bisa dimana saja, Bahkan berpendapat di media sosial lebih di dengar di bandingkan aksi langsung turun di jalan, Dan berpendapat di media sosial lebih cepat booming atau viral di bandingkan aksil turun langsung kejalan. 

Di media sosial seperti youtube pun sangat mudah dalam berpendapat banyak youtuber yang mengemukakan pendapat mereka melalu channel youtube mereka namun ada yang menggunakannya dengan positiv lalu ada juga yang menggunakannya dengan negativ.


  • Gunakan Hak Kita Dalam Berpendapat Dengan Bijak

Kadang sebagai warga negara ada saja warga negara yang salah menggunakan hak nya dalam berpendapat, Seperti layaknya youtuber yotuber yang seenaknya bicara tanpa di saring, Ya memang itu pendapat mereka tetapi harus juga menyaring perkataan. Buatlah pendapat yang positif dan membangun. Jangan ada kata cacian dan makian yang membuat warga negara lain menjadi bodoh. 

Gunakan hak kebebasan berpendapat dengan baik, Berpendapat yang bisa membangun dan menaikan kualitas negeri ini, Kualitas diri dan terutama kualitas warga negara kita. Jangan sampai pendapat kita malah membuat kualitas diri orang lain menjadi jelek karena mendengar pendapat kita. Dan gunakan media sosial sebagai ajang mengemukakan pendapat dengan baik.

Sebagai warga negara sebaiknya kita berpendapat yang positiv, Baik itu berpendapat mengenai masalah umum atau masalah negara, Berpendapat dengan positiv, Yang membangun, Yang membuat warga negara kita menjadi maju. 

Jangan di selewengkan, Karena negara kita memberi kebebesan berpendapat terhadap warganya lalu kita seenaknya saja itu tidak boleh, Karena tetap ada pidana jika kita melanggar sesuatu kita berpendapat yang salah bisa saja bisa mencemarkan nama baik suatu pihak.

Teruntuk Remaja jaman sekarang kalian lah yang paling berpengaruh untuk masa yang akan datang dan sebagian besar yang menguasai media sosial adalah kalian. Jadi buatlah pendapat lah yang bermanfaat bagi orang lain dan buatlah statement yang bisa membangun negeri ini dan memajukan pemikiran masyarakatnya


  • Kebebasan Berpendapat Bukan Berarti Bebas

Kebebasan berpendapat bukan berarti kalian bisa bebas ngomong seenaknya di depan publik, Tapi harus di saring terlebih dahulu karena jika berpendapat yang melanggar di media sosial ada kominfo yang selalu memantau dunia medsos.

Dan jika berpendapat yang melanggar di TV ada KPI yang selalu memantau dan menindak jika ada tindakan yang salah atau perkataan yang melanggar di dalam acara TV. 

Seperti tadi yang kita bahas sebelumnya, Gunakan dengan bijak dan jika ingin berpendapat dan mengeluarkan perkataan di gunakan bahasa yang sopan, Tidak kasar dan seenaknya. 

No comments:

Post a Comment